Terwujudnya perpustakaan sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan dan rekreasi edukatif.

Rabu, 15 September 2021

SELAMAT HARI OZON SEDUNIA : Sebuah ajakan Gerakan Kesadaran Masyarakat dan Lingkungan sekitar SD Muhammadiyah Bantul Kota dalam melindungi lapisan Ozon.


HariOzon-SDMuhammadiyahBantulKota




    Hari Ozon sedunia diperingati pada 16 September 2021. Hari Ozon diperingati sebagai suatu gerakan dan kesadaran masyarakat dunia untuk melindungi lapisan Ozon. Lapisan Ozon memang tak kasat mata tetapi lapisan ozon selalu menjaga kita aman dari sinar matahari.

    Ozon ditemukan pada tahun 1840 oleh Christian Friedrich Schonbein. Gas ini berwarna biru pucat. Rumus kimia ozon adalah O3. Ozon (O3)  mudah terurai menjadi Oksigen (O2)  dan Atom (O) yang sangat reaktif. Ozon banyak dijumpai dilapisan atas atmosfer, karena perubahan oksigen akibat radiasi matahari.

    Lapisan Ozon berfungsi menahan sinar ultra violet bergelombang pendek dari matahari.

    Lapisan ozon dapat rusak akibat klorofluorokarbon,  zat kimia yang banyak digunakan dalam kaleng aerosol, bahan pendingin, dsb .

    Adapun cara mengurangi kerusakan lapisan ozon yang dapat kita lakukan yaitu sebagai berikut: 

1. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. 

2. Melakukan Penghijauan pada lingkungan. 

3.  Mengurangi/meminimalisir penggunaan listrik.

4. Menggunakan bahanyang bersahabat pada lingkungan.


Sumber Referensi Koleksi Buku Referensi Perpustakaan Al-Farabi:

Buku Enziklopedi Anak Nasional - Seri 7L-O. 1991. PT. Cipta Adi Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AlfarabyLibrary

Perpustakaan Al-Farabi di SD Muhammadiyah Bantul Kota merupakan bagian pusat sumber belajar dan suber informasi bagi warga SD Muhammadiyah Bantul Kota dalam mendukung tercapainya visi dan misi sekolah. Didirikan pada tanggal 29 September 1991 berdasarkan PP No: 082/KPTS/PK/1994 berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat sederhana hanya dikelola oleh guru-guru yang memiliki waktu luang disela-sela jam mengajarnya. .




Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *