Terwujudnya perpustakaan sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan dan rekreasi edukatif.

Rabu, 22 Juli 2020

LESSON STUDY



Apa dan bagaimana Lesson Study?
Nah, daripada penasaran, kali ini kita akan membahas Lesson Study.
Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson Study terdapat 3 tahapan yaitu, plan, do, dan see. Bagaimana pelaksanaan Lesson Study?
Melalui tahap pertama plan, para guru yang berkolaborasi dalam kegiatan Lesson Study bersama-sama menyusun RPP. Penyusunan RPP ini diawali dengan kegiatan menganalisis kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Setelah itu, para guru bersama mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Kesimpulan dari kegiatan tersebut dijadikan acuan dalam penyusunan RPP.
Pada tahap Do, berdasarkan lesson design dan lesson plan, guru model melaksanakan open class. Tim yang berkolaborasi berperan sebagai observer yang mengamati jalannya pembelajaran. Pelaksanaan open class ini diikuti guru, kepala sekolah, dinas pendidikan maupun stakeholder bidang pendidikan.
Tahap See berisi refleksi open class yang telah dilaksanakan. Data sebagai bahan refleksi dapat dikumpulkan melalui lembar observasi selama pembelajaran berlangsung. Kegiatan selanjutnya adalah diskusi tentang temuan-temuan selama pembelajaran berlangsung dan saling berbagi hal-hal positif yang didapatkan anggota tim selama kegiatan pelaksanaan open class.
Pada tahap Do dan See, Ibu Mailatul Jannah, S. Pd., guru kelas 4 C SD Muhammadiyah Bantul Kota, berkesempatan menjadi guru model dengan diamati oleh 30 guru di Kabupaten Bantul. Kegiatan tersebut sudah terlaksana pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 di gedung utara SD Muhammadiyah Bantul Kota. Mulai dari pembiasaan anak masuk ke dalam kelas, berdoa sebelum memulai pelajaran, pembelajaran yang menyenangkan hingga anak-anak selesai belajar semua diamati dan diobservasi oleh tim observer dengan Ibu Tutik Saptiningsih, M.Pd dan Ibu Rokini, M.Pd sebagai narasumber.
Semua observer terlihat sangat menikmati pembelajaran yang dilaksanakan oleh Bu Maila atau lebih sering dipanggil Bu Mella. Suara beliau yang lantang dan bersemangat membuat anak-anak ikut bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
“Hari ini Bu Mella punya kejutan buat anak-anak,” ucap Bu Mella sambil berjalan keluar kelas. Tiba-tiba Bu Mella masuk dengan memakai pakaian dan atribut seorang dokter.
Sorak sorai anak-anak pun seketika menggema di ruang kelas 4 C. Dengan wajah ceria dan penuh semangat, Bu Mella langsung memulai pembelajaran yang saat itu belajar tentang dokter. Setelah selesai belajar tentang dokter, anak-anak diajak untuk membuat peraturan kelas dengan menggunakan kertas warna-warni dan hiasan lainnya.
Pembelajaran Bu Mella yang sangat menyenangkan mendapat respon positif dari para observatory. Terbukti saat tahap Do, para observator memuji dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan Bu Mella.
“Program dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini benar-benar bermanfaat karena para guru bisa saling berbagi dan belajar bersama untuk pendidikan yang lebih baik. Para guru di Kabupaten Bantul harus membuktikan kalau guru di Bantul juga bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan, tidak kalah dengan guru luar negeri,” tutur Bu Rokini pada akhir pelaksanaan Lesson Study Kamis lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AlfarabyLibrary

Perpustakaan Al-Farabi di SD Muhammadiyah Bantul Kota merupakan bagian pusat sumber belajar dan suber informasi bagi warga SD Muhammadiyah Bantul Kota dalam mendukung tercapainya visi dan misi sekolah. Didirikan pada tanggal 29 September 1991 berdasarkan PP No: 082/KPTS/PK/1994 berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat sederhana hanya dikelola oleh guru-guru yang memiliki waktu luang disela-sela jam mengajarnya. .




Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *