Terwujudnya perpustakaan sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan dan rekreasi edukatif.

Selasa, 21 Juli 2020

Berikut ini peristiwa besar di bulan Dzulhijjah



1.     Nabi Adam memperoleh ampunan
Pada tanggal 1 Dzulhijjah, Allah SWT mengampuni kesalahan Nabi Adam SAW. Seperti yang diketahui, Nabi Adam telah melanggar perintah Allah dengan memakan buah khuldi. Kesalahan tersebut membuat Nabi Adam dan istrinya Hawa diusir dari surga.
2.     Nabi Yunus keluar dari perut Ikan Nun
Dalam sejarah, Nabi Yunus terjebak dalam perut ikan selama beberapa hari. Saat terjebak, Nabi Yunus senantiasa bertasbih dan beribadah kepada Allah SWT. Allah SWT kemudian menyelamatkannya pada tanggal 2 Dzulhijjah.
3.    Terkabulnya Doa Nabi Zakariya
Nabi Zakariya saat itu menginginkan kehadiran seorang putra padahal saat itu usianya sudah 120 tahun. Nabi Zakariya kemudian berdoa kepada Allah SWT agar diberi keturunan. Tanggal 3 Dzulhijjah menjadi hari dimana doa Nabi Zakariya dikabulkan dengan dikarunia seorang anak bernama Yahya.
4.    Nabi Isa lahir
Di hari keempat bulan Dzulhijjah, Nabi Isa lahir ke dunia dari perut ibunya, Maryam. Nabi Isa dilahirkan di sudut kota Batlehem dalam keadaan sehat, meskipun saat itu Nabi Isa sempat mengegerkan kaumnya. Hal ini lantaran ia lahir dari seorang perempuan yang masih perawan yakni Maryam.
5.     Kelahiran Nabi Musa
Pada tanggal 5 Dzulhijjah, Nabi Musa dilahirkan di wilayah Uksur, Mesir. Saat itu ia lahir dengan nama Yakubad. Nabi Musa kemudian diasuh oleh Fir'aun. Keangkuhan dan kesombongan Fir'aun membuat Nabi Musa berbelok dan menentang.
6.    Terjadinya Sumur Zamzam
Atas perintah Allah Nabi Ibrahim mengasingkan Hajar dan Bayinya ke Bumi Tandus (Makkah, sekarang). Atas kesabaran dan doa Ibu Ismail maka Allah karuniakan rahmatNya berupa sumur Zamzam hingga sekarang.
7.    Kemenangan Nabi dalam berjuang
Di hari keenam Dzulhijjah, menjadi hari-hari kemenangan para Nabi dalam berjuang untuk menegakkan ajaran tauhid. Pada hari tersebut Allah SWT membuka pintu kebaikan kepada Nabi Muhammad SAW.
8.     Pintu neraka ditutup
Tanggal 7 Dzulhijjah, pintu neraka ditutup dan dikunci oleh Allah SWT. Pintu neraka baru akan dibuka setelah hari kesepuluh di bulan Dzulhijjah.
9.     Nabi Ibrahim diminta membangun Ka'bah
Pada tanggal 8 Dzulhijjah, Allah SWT meminta Nabi Ibrahim untuk membangun Ka'bah. Saat Ka'bah telah jadi, Nabi Ibrahim kemudian merenung apakah yang ia lakukan mendapatkan pahal atau tidak. Maka hari kedelapan bulan Dzulhijjah disebut dengan yaumun tarwiyah atau hari merenung dan berfikir. Mengutip dari islami.co, ada yang menyebut Nabi Ibrahim bermimpi mendapat tugas dari Allah untuk menyembelih Ismail.
10.  Nabi Ibrahim yakin
Pada tanggal 9 Dzulhijjah, Nabi Ibrahum benar-benar meyakini bahwa mimpinya di malam kesembilan tersebut merupakan perintah dari Allah. Hari kesembilan ini disebut dengan yaumu arafah karena tempat yang digunakan untuk menyembelih Nabi Ismail bernama Arafah.

Dikutip dari :
            Kisah-kisah Teladan di Bulan Mulia, M. Nipan Abdul Halim.Yogyakarta : Mitra Pustaka, 2006.
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Peristiwa Besar dalam 10 Hari Awal Dzulhijjah, Nabi Adam Dimaafkan hingga Pintu Neraka Ditutup,  https://www.tribunnews.com/nasional/2019/08/01/peristiwa-besar-dalam-10-hari-awal-dzulhijjah-nabi-adam-dimaafkan-hingga-pintu-neraka-ditutup?page=4. Penulis: Miftah Salis
Editor: Pravitri Retno Widyastuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AlfarabyLibrary

Perpustakaan Al-Farabi di SD Muhammadiyah Bantul Kota merupakan bagian pusat sumber belajar dan suber informasi bagi warga SD Muhammadiyah Bantul Kota dalam mendukung tercapainya visi dan misi sekolah. Didirikan pada tanggal 29 September 1991 berdasarkan PP No: 082/KPTS/PK/1994 berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat sederhana hanya dikelola oleh guru-guru yang memiliki waktu luang disela-sela jam mengajarnya. .




Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *